07 29 2014
Headline

Review Film “Tak Sempurna” – Sadis, Lucu, Cinta, & HipHop

HipHopHeroes.net - Mulai hari ini (11/07) akhirnya film “Tak Sempurna” diputar di bioskop-bioskop 21 dan XXI. Tanggal 3 juli lalu HipHopHeroes.net (HHH) diundang untuk melihat Premiere Film yang di klaim sebagai “Film Hiphop Indonesia Pertama”. Banyak anak hiphop yang menyangsikan film ini sebagai film hiphop, “Kalau ada yang bilang ini bukan film hiphop, berarti dia anak hiphop. Kalau bukan anak hiphop, dia akan bilang ini film hiphop” kata Ferry “Sweet Martabak/hiphopindo.net” saat ditemui selepas nonton bareng Premiere Film “Tak Sempurna”.

Setelah nonton film “Tak Sempurna” dari awal sampai akhir film di Planet Hollywood, kesimpulannya, film ini sadis, lucu, cinta, & hiphop.

Di awal pemutaran film, disuguhkan kerasnya kehidupan ibukota dimana seseorang (Mista’D) yang dikejar-kejar oleh preman ibukota hingga akhirnya tertangkap dan dipukuli hingga ditemukan warga mati di tengah reruntuhan bangunan. Di tengah-tengah film juga ada adegan tawuran yang juga berdarah-darah. Jadi yang akan menonton film ini, siap-siap menyaksikan beberapa adegan kekerasan di film ini.

Adegan seperti itu hanya sebagian kecil bagian dari film ini, mayoritas film akan banyak diisi dengan kelucuan-kelucuan, kisah percintaan, dan hiphop itu sendiri. Banyak sekali adegan-adegan yang mengundang tawa di film ini, ada juga candaan-candaan yang berkembang di kalangan komunitas hiphop di Jakarta.

Sang sutradara banyak memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang ditemui pada realitas di sekitarnya. Panca (sutradara) ingin penonton sendiri yang menjawabnya, tanpa memberikan jawaban di film. jawaban di film. Ada pula inspirasi yang diambil dari kejadian di sekitar sang sutradara, lalu dikembangkan dalam sebuah cerita.

Kalau dari segi cerita, film ini memang tidak banyak bercerita tentang hiphop. Namun nuansa hiphop yang dibangun di Film ini sangat terasa kental, mulai dari backsound selama film berlangsung dengan durasinya yang panjang. Nuansa pemain juga bisa dilihat dalam kostum beberapa pemain, sampai simbol-simbol eleman dari hiphop yang dimunculkan di beberapa adegan. Ada juga adegan Mel (diperankan Tya Arifin) yang dia melakukan Beatbox, bukan dari komunitas hiphop/beatboxer tapi dia beneran bisa melakukan beatbox sejak dia masih SMA.

Ada yang berpendapat, hiphop itu dari hati, hiphop itu ada di jiwa dan perilaku. Meski tidak menggunakan pakaian Gombrong, kalau jiwa dia hiphop, orang bakal mengenali kalau dia anak hiphop. Meski bukan Rapper atau pelaku hiphop yang lain, kalau jiwa dia hiphop, orang bakal mengenali kalau dia anak hiphop.

Ini mungkin bukan film hiphop seperti “8Mile” yang diperankan oleh Eminem, tapi film ini mungkin bisa sebagai pemicu film hiphop lokal yang ceritanya lebih hiphop. Paling tidak anak-anak hiphop yang berperan dalam film ini, dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Aktor.

Kamu bisa buat film? buatlah film hiphop mu, tidak perlu membuat film panjang dulu. Membuat film pendek 15 Menitan di upload di YouTUBE, itu juga langkah awal sebelum membuat film panjang. Seperti film ini, nuansanya dulu yang hiphop, mungkin di film selanjutnya akan ada film yang cerita dan nuansanya yang hiphop.

Oh ya, Ada satu yang mengganggu sebenarnya dalam film ini, yaitu Sensor. Banyak adegan yang di pangkas, mengingat film ini diputar pada bulan Ramadhan. Efeknya, ada beberapa cerita yang janggal. Entah benar atau tidak, sepertinya ada adegan yang urutannya yang di rubah urutannya. Selain masalah sensor, Film ini keren, akting anak-anak hiphop juga keren, Soundtrack-nya juga keren. Apa lagi ya? Tonton deh, setelah itu silahkan nilai dan komentari.

Tak kenal maka tak Sayang, Tak Nonton maka Tak kenal. Trailer Film terkadang menipu isi ceritanya, Tak sempurna kalau Tak nonton filmnya secara utuh.

“Manusia adalah ciptaan tuhan yang Sempurna, hanya pilihan hidupnya yang Tak Sempurna.” Film Tak Sempurna (eFKa/@FerdianKelana)

Film ini akan dibawa kebeberapa Festival Film di luar negeri, salah satunya Festival Film di Roterdam - Belanda.

Note: Maaf kalau Tak Sempurna me-Review film nya. ;)

Post Comments:

Leave a Reply

Submit Comment